Share it

Senin, 20 Agustus 2018

Membaca


Pentingkah membaca dalam hidup kita? Tentu. Dengan membaca kita menjadi tahu apa-apa saja yang awalnya tidak kita ketahui. Membaca sangatlah penting sebab itu kita diperintahkan untuk membaca oleh Sang Pemberi Hidup.

"Bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan tuhanmulah yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya." (QS.Al'Alaq : 1-5)


Aktivitas membaca adalah aktivitas yang menyenangkan. Benar-benar menyenangkan. Ketika membaca buku-buku sejarah yang menceritakan perjuangan kesatria muslim misalnya, bukan tidak mungkin kita seperti melihat langsung perjuangan mereka.

Kegiatan membaca adalah kegiatan melihat kejadian-kejadian masa lalu. Benarkah? Tentu, jika yang kita baca adalah buku-buku sejarah. Bagi yang hoby membaca buku-buku sejarah islam, misalnya sejarah tentang pemboikotan yang dilakukan orang-orang kafir Qurays terhadap orang-orang muslim ketika itu, saya rasa si pembaca tersebut pernah merasakan bagaimana rasanya hati terasa sesak dan sakit bahkan meneteskan air mata mendengar kisah pemboikotan tersebut yang penuh kepedihan.

Kegiatan membaca juga termasuk kegiatan membakar semangat. Kok bisa? Tentu bisa. Ini Saya alami sendiri.😁 Ketika membaca tentang kisah penaklukan Konstantinopel, Saya merasa kobaran semangat yang begitu tinggi. Semangat yang membara. Bagaimana tidak, dengan membaca kisah itu Saya diperkenalkan dengan sosok para kesatria pembela Agama Allah yang tingkat keimanan juga ketakwaannya luar biasa.

Selain mengenal sosok penakluk Sultan Mehmed II bin Murad II, Saya juga diperkenalkan oleh kisah itu seseorang yang tak kalah menakjubkan. Dialah Zaghanos Pasha, seorang kesatria muslim yang sangat mencintai buku. Sebelum ia menjadi muslim, ia sering menghabiskan waktu untuk membaca buku. Buku-bukunya memenuhi seluruh ruang di rumahnya hingga menjuntai ke langit-langit. Bahkan menurut kisah yang saya baca, zaghanos memeluk islam karena membaca buku-buku sejarah islam, termasuk kisah hidup Rasulullah SAW. Zaghanos meninggalkan rumahnya di Morea menuju Mekteb i Harbiye (Akademi Militer Turki Ustmani) dan bertemu dengan Syaikh Al-Qurani untuk kemudian berikrar menjadi seorang muslim. Btw...Zaghanos adalah salah satu tokoh idolaku😊

Luar biasa bukan efek yang terjadi karena membaca buku? Guys, biasakan baca buku yuk...😁


#Membaca
#AkademiMenulisKreatif
#AMK5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar