Share it

Selasa, 24 Juli 2018

Belajar Nulis Yuk...





"Ajari nulis yah?"

Beberapa kali mendapati kalimat seperti itu dari seorang teman. Saya jawab dengan senang hati,  "Okey siap. Hayu kapan mau belajar nulis?"

Hanya beberapa detik setelah dengan pede meng iyakan tanda menyetujui, pikiran dirundung kebingungan yang hebat. Bagaimana cara ngajarinnya? Saya sendiri masih minim pengetahuan tentang tulis-menulis. Masih belajar bikin kata, masih belajar nyambung-nyambungin paragraf. Tak jarang tulisan gak nyambung antara paragraf satu ke paragraf lainnya.

Tetapi Saya ingat, sharing atau berbagi ilmu tidak akan mengurangi kadar ilmu itu, justru malah bertambah. Iyah bertambah, karena dengan kita sharing kita akan bersemangat untuk belajar lagi dan lagi.
Seperti sekarang, berniat untuk sharing tetapi malah mendorong untuk buat tulisan. Tulisan apa? Tulisan ini yang sedang Saya ketik sekarang😁

Baiklah sepertinya Saya mulai saja sharing tentang menulisnya. Menulis adalah kegiatan menuangkan ide atau gagasan yang ada di pikiran kita. Materi yang Saya dapatkan dari #AkademiMenulisKreatif yang Saya ikuti  yaitu materi Mind Mapping, Fast Writing dan materi  5W1H. Ketiganya merupaka materi dasar untuk pemula seperti Saya.


Mind Mapping (Peda Ide) atau sering disingkat MM yaitu satu cara memilah gagasan dan menuangkannya ke atas kertas secepatnya tanpa pertimbangan. Kegiatan MM sendiri merupakan kegiatan mengaitkan gagasan yang satu dengan gagasan lainnya. Nah biar ada gambaran mengenai mind mapping, bisa dilihat di gambar yah.

Sekarang giliran bahas FastWriting guys. Fast Writing atau FW adalah kegiatan menulis cepat dengan dibatasi waktu bisa 3 menit, 5 menit, 7 menit atau 10 menit tanpa jeda, tanpa proses mengedit, mengulang, menghapus atau mencoret yang salah. Menulis apa saja yang ada dibenak kita, apapun, tulis saja.

Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu menentukan tema. Misal temanya : pulpen, spidol, buku, Cat air dan lain-lain. Fast Writing bisa dikerjakan dengan media apa saja. Kertas dan pena, smartphone atau laptop. Inget yah guys mengerjakan FW harus tanpa jeda, tanpa proses berpikir juga tanpa proses pegumpulan gagasan. Berikut adalah contoh FW yang ditulis selama 2 menit.

Cat air berwarna-warni tergeletak di etalase toko. Benar-benar imut dan lucu bentuk cat air sekarng ini. Dulu tampilannya biasa saja, sekarang ada banyak model. Padahal dari segi fungsi mungkin sama saja. Ddsain dan tampilan lembungkus nya dibuat menarik. Mungkin itulah teknik pemasaran sekarang oleh penjual atau perusahaan yang memproduksi cat air tersebut.

Adanya typo atau mungkin kalimat yang tidak yambung sering terjadi dalam praktek fast writing. Tak mengapa namanya juga latihan menulis😁
Yuk guys mulai latihan nulis dengan teknik menulis cepat. Ini akan membantu kita ketika mandeg atau mentok ketika sedang menulis. Sebagai pemula, Sayapun mempraktekan fast writing. Fast writing akan membentuk habits kita dalam menulis.

Oh iya guys, materi MindMapping dan Fast Writing merupakan materi yang sudah dibuktikan oleh guru saya yang juga seorang penulis buku, beliau adalah cikgu Apu Indragiry

Lanjut 5W 1H, yakni who, what, where, when, why, how. 5W 1H merupakan kerangka atau pondasi tulisan. Dimasa sekolah pernah dong yah belajar tentang 5W1H pas dapet materi tentang berita?

Who = Tentang siapa?
What = Apa yang terjadi?
Where = Dimana?
When = Kapan?
Why = Mengapa?
How = Bagaimana hal itu terjadi?

Contoh nih guys

Pada suatu sore di persimpangan jalan, ketika senja semakin menghilang digantikan gelap. Seorang kakek tua penjual wedang jahe sudah menjajakan dagangan seperti biasa. Ia menunggui gerobaknya seorang diri. Kemana cucu kecilnya yang biasa ikut? Sore itu entah kenapa Ia terlihat begitu murung, seperti ada sesuatu yang membuat hatinya sedih. Aku penasaran. Aku bergegas menghampiri dan berbincang seperti biasa.

"Fatih mana kek?" tanyaku. Aku mengenalnya karena cucu si kakek selalu ikut menemani berdagang.  Hmpir setiap sore Aku mampir dan membeli beberapa bungkus wedang jahe. Obrolan-obrolan kecil kadang terjadi antara Aku, Kakek dan cucunya yang bernama Fatih.
"Fatih..." Si Kakek nampak menitikan air mata. Ia mengusap wajah dengan kedua tangannya. Aku menjadi semakin ingin tahu, apa yang terjadi?
"Fatih udah balik kampung." Kakek melanjutkan.
"Fatih mudik? Aku kira kakek sekeluarga orang sini asli ternyata mudik juga kayak Saya kek. Kakek kenapa sedih? Fatih kan bisa kesini lagi."
"Semua yang hidup itu punya tempat mudik dek, Kampung halaman kita semua sama yaitu kampung akhirat."
Aku terdiam tak bisa berkata apa-apa lagi.

Adakah unsur 5W 1H dari cerita di atas guys? Jawab sendiri aja yah😁😁

Kata guru Saya belajar nulis ya materinya hanya tiga itu saja, Mind mapping, fast writing dan 5W 1H. Hayuk ah kita praktekin.

#AkademiMenulisKreatif
#Sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar