Share it

Selasa, 25 September 2018

Sukses Menjadi Penulis Tanpa Stress





Stres...stress..stress.. sepertinya memang itulah yang sedang saya rasakan. Kenapa? Sebab ada banyak tugas yang tertumpuk. Ada banyak ide yang mengendap. Ada keinginan nulis tapi tak ada action. Akhirnya ide hanya sekedar ide, mengendap di kepala kemudian menguap begitu saja. Hilang.
Benar apa yang dikatakan oleh Cikgu Apu Indragiry, bahwa stress itu ya dari diri sendiri, dari pikiran sendiri.

Menurut Dr. Eva J Hoffman stress itu ada dua yaitu stress pada pikiran dan stress pada fisik. Stress pikiran dimana terdapat gangguan mental juga gangguan emosianal karena tekanan. Sementara stres fisik terjadi ketika kita kurang istirahat atau terlalu memforsir tenaga. Kurang minum pun bisa menyebabkan stres sebab otak membutuhkan oksigen untuk berpikir.
Bagaimana mengatasi stress? Khususnya mengatasi stress dalam menulis. Nah ini dia trik yang diberikan oleh Cikgu Apu.


<-- more--=""> Triknya yaitu enjoy dan happy. Maksudnya enjoy dan happy dalam proses belajar menulis. Enjoy dalam menikmati latihan rutin mindmapping dan fastwriting. Yang gak boleh ketinggalan enjoy baca buku.

Selanjutnya trik apakah untuk menjadi penulis sukses? Ini termasuk salah satu pertanyaan yang ada dalam benak saya. Trik nya yaitu ada pada ingatan. Menurut Dr Eva ini adalah cara paling efektif untuk belajar. Dalam menulis, membuat resume kulwa lebih efektif untuk mengikat ingatan. Ketika kita hanya membaca materi, kita hanya mampu mengjngat 40% saja. Sedangkan ketika kita membuat resume porsi ingatan kita menjadi 90%.

Selain membuat resume, untuk lebih mudah mengingat materi kepenulisan kita dianjurkan untuk membuat visual mappingnya. Visual mapping atau bisa disebut connecting ideas merupakan pengembangan dari mindmapping dasar. Btw saya belum paham mengenai connecting ideas. Seinget saya belum dapat materinya. Atau mungkin sudah yah😁

Setelah berbagai macam latihan dasar menulis dipelajari dan dipraktekan, yang ini gak boleh ketinggalan, yaitu percaya bahwa kita bisa. Yakin bahwa kita bisa menjadi penulis.

#PenulisBelaIslam
#AkuPenulisSpesial
#AkuBerlian
#AkademiMenulisKreatif5
#Silpianah1453

Tidak ada komentar:

Posting Komentar