Share it

Sabtu, 19 Januari 2019

MOTIF PENULIS



MOTIF menjadi tema kulwa kali ini. Ada dua pertanyaan dari Cikgu Apu Indragiry diawal pembukaan kulwa, yaitu : sudah rutin latihan? Sudah rutin baca buku?

pertanyaan sederhana namun sangat menampar. Jika saya rutin latihan sudah tentu resume sudah saya tulis tiga hari yang lalu. Nyatanya baru hari ini menuliskan resume. Ini menjadi pengingat buat saya untuk tetap rutin latihan dan mengejar ketinggalan.

Pertanyaan barupun muncul, "Apa motif saya menjadi penulis?"


Sampai disini masih terpikirkan apa sebenarnya yang menjadi motif bagi saya untuk menjadi penulis.

Tulisan mampu menembus ruang dan waktu. Apa yang kita tulis akan menjadi jejak bagaimana pandangan kita akan suatu hal. Kita menulis untuk meninggikan keagungan Allah dan hukum-hukumnya, ataukah kita menulis atas kebencian suatu hal. Ada pertanggungjawaban atas keduanya.

Maka bagi saya, yang menjadi motif untuk menjadi penulis adalah menjadi pembela agama Allah. Seperti salah satu selftalk yang saya tulis, #PenulisBelaIslam.

Bagaimana kita membela dengan tulisan? Kita tentu menyadari banyak sekali media-media mainstream yang membuat framing-framing negatif akan islam, disinilah tulisan kita dibutuhkan untuk melawan framing-framing jahat tersebut.

Jika motif terbesar dalam menulis sudah kita temukan, maka tugas kita adalah belajar dan terus berlatih dalam menulis.

Nah ini adalah prinsip-prinsip yang diajarkan oleh Cikgu Apu yang harus dipegang oleh seorang penulis, yaitu :

1. Apapun kondisinya
Tetap menulis apapun kondisinya. Walaupun dalam kondisi sedih, susah, senang maupun sendiri, tetaplah menulis.

2. Apapun Masalahnya
Hidup tak pernah lepas dari masalah, jadi tetaplah menulis.

3. Apapun Rintangannya
Rintangan ataupun kendala sudah pasti ada dalam aspek manapun. So, apapun rintangannya tetaplah menulis.

Dan akhirnya inilah kalimat yang harus saya tulis :
"Saya berjanji! Saya akan menerbitkan buku minimal satu dalam hidup saya."

Cukande, 18 November 2018

#PenulisBelaIslam
#AkuPenulisSpesial
#AkuBerlian
#AkademiMenulisKreatif5
#Silpianah1453

Tidak ada komentar:

Posting Komentar