Share it

Sabtu, 19 Januari 2019

Quantum Writer



Quantum Writer. Begitulah tema kulwa yang disajikan oleh Cikgu Apu Indragiri di AMK.

“Wahh…ini tentu sesuatu yang menarik.” Batinku.

Dari awal baca tema kulwa yang dibocorin di fb, saya sudah penasaran. Ketika kulwa berlangsung ternyata menarik sekali. Membahas bahasan dengan bahasa intelektual.

Membaca atau menulis kata “Quantum” membuat saya flashback dengan mata pelajaran fisika di masa sekolah. Yang saya ingat pertama kali dari kata quantum adalah fisika, salah satu mata pelajaran pada jurusan IPA ditingkatan MA maupun SMA. Kata “quantum” lebih sering muncul pada bab Mekanika Quantum yang kalo tidak salah dipelajari di kelas XII. Mekanika Quantum lebih rinci membahas tentang teori atom seperti teori atom Bohr, teori atom mekanika quantum De Broglie, teori Schrodinger, teori Heizenberg, asas Hund, bilangan kuantum dan lain sebagainya.



Saya rasa cukup sudah sedikit flashback masa sekolah tentang fisika. Bukan karena tidak suka, tetapi sudah banyak materi yang terlupa dan hilang dari ingatan.

Balik ke Quantum Writer. Apa sih quantum writer itu? Quantum writer merupakan kilas balik materi yang pernah dipelajari di AMK. Lebih tepatnya Quantum Writer adalah kurikulumnya AMK. Layaknya sebuah wadah pendidikan, di AMK pun ada kurikulum yang menjadi acuan dalam belajar khususnya dalam hal kepenulisan. Kurikulum dalam AMK tentu mempunyai target dan tujuan yang harus dicapai. Ingat tagline AMK “Menerbitkan Penulis.”  Pada tagline tersebut ada visi dan misi serta self talk bagi member AMK. Jika tak ada tujuan, bisa jadi hanya FORGOS atau Forum Gosip.😂

Bagaimana landasan kurkulum AMK itu? Penasaran?

Pondasi kurkulum AMK diambil dari eksperimen Dr.Georgi Lozanov dari Bulgaria. Beliau bereksperimen dengan apa yang disebut ‘Suggestologi’. Prinsipnya sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil belajar. Sugesti dalam AMK lebih dikenal dengan sebutan self talk, sekecil apapun bisa memberikan hasil positif dan negatif.

Contoh metode Dr Lozanov :
meningkatkan partisipasi individu, dalam AMK, Cikgu Apu menganjurkan untuk berlatih rutin, posting di grup menulis atau tag di fb.

Mengunakan poster-poster, di AMK Cikgu Apu menganjurkan untuk menulis selftalk, seperti “Aku Penulis Hebat”                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          
“Aku harus menerbitkan buku minimal satu seumur hidupku”
Dan selftalk-selftalk lainnya

Suggestologi ini bisa disebut juga accelerated learning atau percepatan belajar. Iyah percepatan belajar. Dibuktikan oleh Bu Is dengan terbitnya buku pertamanya “Senja di Jalan Dakwah”. Kurang lebih 6 bulan belajar kepenulisan di AMK, Bu Is, perempuan berumur 60 tahun berhasil menerbitkan buku pertamanya. Amazing😉

Begitu juga dibuktikan oleh member-member AMK lain yang semakin bermunculan kabar bahwa bukunya dalam proses edit dan siap terbit.

Mengapa? Karena di AMK menganut kurikulum percepatan belajar. Semakin dilatih 3 materi dasar, mindwapping, fast writing dan 5W1H, semakin memercepat proses menjadi penulis.

Tetapi balik ke individu masing-masing. Tergantung bagaimana individu berproses menuju impiannya.

Quantum Writer sebenarnya cakupannya lebih ke Neurolinguistik (NLP). Cara otak kita mengolah informasi dan lebih ke bahasa yang positif.

Semisal, ketika tulisan kita mendapat komen “Keren” dari mentor tentu otak akan merespon positif. Sesuatu yg positif pasti akan melahirkan tindakan positif.
Sama halnya dengan selftalk, contoh :
"Aku novelis huebattt!"

Self talk tersebut menularkan energy posotif untuk bertindak dengan terus belajar dan berlatih.

#Kulwa 21/11/18
#PenulisBelaIslam
#AkuPenulisSpesial
#AkuBerlian
#AkademiMenulisKreatif5
#Silpianah1453

Tidak ada komentar:

Posting Komentar