Share it

Sabtu, 19 Januari 2019

// Simbol dan Interpretasi //



Simbol atau symballo dalam bahasa Yunani yang berarti melempar bersama-sama, melempar atau meletakan bersama-sama dalam satu ide atau gagasan objek yang kelihatan sehingga objek tersebut mewakili gagasan. Simbol mewakili ide yang diwujudkan dalam satu objek.

Simbol dapat menggambarkan jati diri seseorang. Contohnya simbol mata satu menunjukan lambang dajjal.

Kemudian yang ramai dibicirakan saat ini mengenai bendera Tauhid, ada yang menafsirkan sebagai bendera ormas dan ada pula yang menafsirkan sebagai bendera Rasulullah. Maka apapun interpretasinya, semua tergantung si interpreter.


Sebagai seorang muslim tentu yang menjadi rujukan adalah Al-Qur'an dan As-Sunnah. Simpulannya adalah bendera Tauhid adalah bendera Rasulullah yang berisi kalimat Tauhid yang dengannya kita semua umat Islam ingin hidup dan mati dengannya.

Begitulah simbol. Ia tergantung dari kacamata mana ia ditafsirkan.

Lalu bagaimana dengan simbol seorang penulis? Sudah tentu seorang penulis mempunyai simbol. Simbolnya seorang penulis yaitu sebuah buku karya sendiri. Iyah begitulah yang saya tangkap dari Kulwa yang disampaikan oleh Cikgu Apu Indragiry tadi malam, bahwa simbolnya seorang penulis yaitu karya berbentuk buku. Serius ini bagian paling menohok menurut saya😂

Persoalan buku karya sendiri bukanlah persoalan mudah. Harus ada perjuangan maksimal untuk meraihnya. Maka inilah jalan yang Cikgu Apu tunjukan kepada semua penulis di AMK untuk memiliki simbolnya seorang penulis (buku).

Jalan itu memiliki benerapa titik, diantaranya :

Titik #1 Menentukan Tujuan
Ibaratnya titik awal ini adalah start atau permulaan bagi seorang penulis.

Titik #2 Usaha
Tentu saja ada tenaga yang dikeluarkan ketika tujuan sudah ditentukan. Contohnya latihan menulis secara rutin.

Titik #3 Fokus
Fokus pada titik awal (tujuan). Fokus meraih tujuan.

Titik #4 Hasil
Tentu saja tujuan harus menampilkan hasil, yaitu tercapainya mempunyai buku karya sendiri.

Jika fokus dengan tujuan menjadi penulis, maka tak ada alasan untuk tidak berlatih dalam menulis entah sibuk, capek, banyak kerjaan ataupun alasan-alasan lainnya . So mari sama-sama menemukan simbol kita sebagai penulis😊

Cikande, 04 November 2018

#PenulisBelaIslam
#AkuPenulisSpesial
#AkuBerlian
#AkademiMenulisKreatif5
#Silpianah1453p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar