Share it

Rabu, 16 Januari 2019

Pelayan Setia Sang Penulis




Oleh: Silpianah

Sebenarnya dia dekat, namun terkadang sering dilupakan. Padahal dialah yang paling setia memenuhi segala kebutuhan seorang penulis ataupun calon penulis.
Sejak pertama mendengar bahwa seorang penulis mepunyai pelayan yang paling setia yang sedia 24 jam penuh memenuhi kebutuhan si penulis, jujur saya dirundung rasa penasaran yang amat tinggi.
Kulwa oh kulwa, setiap kali Cikgu Apu Indragiri membagi ilmu kepenulisannya selalu saja fress dan tak terduga. Kali ini tentang pelayan setianya seorang penulis. Dan ini adalah resume sederhana dari kulwa tersebut.
Pelayan setia sang peniulis. Siap gerangan pelayan setia seorang penulis? Sama hal nya di sebuah restaurant, hotel ataupun tempat makan, pelayan selalu menyediakan apa yang kita minta. Ketika kita memesan appetizer (maknan pembuka), ia siap mengantar ketika kita memesan main course (makanan utama), ia pun siap mengantar. Dan ketika kita meminta dessert (makana penuup), ia pun tak menolak untuk mengantar. <-- more--="">

Pun sama dengan penulis maupun calon penulis. Mereka mempunyai pelayan yang amat setia yang tanpa protes memenuhi pangggilan. Siap sedia 24 jam penuh. Dialah 5W1H pelayan setia sang penulis yang kadang dilupakan bahkan tak pernah dipangil. 5W1H merupakan salah satu materi dasar menulis yang wajib dikuasai dan harus rutin dilatih.
5W1H siap menjadi pelayan setia ketika permasalahan menulis datang. Tak peduli seberat apapun masalahnya. Tak peduli sesulit apapun tulisan yang akan dibuat, fiksi maupun non fiksi.
Contoh nya begini. Ketika ada permaslahan dalam belajar menulis maka panggillah 5W1H ini.
*Apa* yang menyebabkan seseorang enggan belajar menulis?
*Mengapa* kebanyakan orang puts di tengah jalan saat belajar menulis?
*Di mana* belajar menulis yang mudah dan aplikatif?
*Siapa* yang bisa membantu masalah kepenulisan saya?
*Kapan* belajar menulis yang tepat?
*Bagaimana* cara menulis yang efektif?
Ketika ketika memaggil mereka permasalahan dalam menulis segera teratasi. Yang perlu diingat pelayan yang berjumlah enam itu tidak pernah datang jika tak pernah dipangil oleh sang majikan (peulis).
Finaly, saya sangat bersyukur berhasil memangil mereka dalam resume kulwa kali ini. Mereka mengajari banyak hal.

Cikande, 19 Oktober 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar